Home » SKJ » Kapita Selekta – Sistem Komputer & Jaringan

Kapita Selekta – Sistem Komputer & Jaringan

Informasi Matakuliah Kapita Selekta Sistem Komputer dan Jaringan – Semester Genal 2019/2020.

Diskripsi

Laboratorium Riset Sistem Komputer dan Jaringan memandang penting adanya matakuliah yang memberikan pengetahuan, pemahaman, dan framework berfikir kontruktif dalam bidang sistem komputer dan jaringan (Cyber System). Sebagai sebuah sistem siber yang mengkonvergensikan komponen-komponen teknologi seperti internet of things, cloud technology, big data, security, dan lainnya memerlukan pengetahuan mengenai bagaimana sistem siber dianalisis dan dirancang, dibangun dan dikelola. Sistem siber dimaksudkan untuk menyediakan teknologi yang memungkinkan pengembangan teknologi, inovasi dan kreatifitas yang mempermudah kehidupan manusia dengan bantuan teknologi, menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat sehingga tercipta konsep cyber society yang baik.

Matakuliah ini akan berisi materi-materi perkembangan mutakhir riset dan pengembangan di area sistem komputer dan jaringan (cyber physical system). Matakuliah akan diisi secara bergantian oleh dosen- dosen di Lab Riset SKJ, dengan mempresentasikan topik-topik penelitian yang dikerjakan, beberapa dosen tamu (dari industri dan startup). Matakuliah akan dilaksanakan dengan 60% klasikal, dan 40% direncanakan dalam bentuk online.

Tujuan Pembelajaran

Mata kuliah ini bertujuan untuk menyediakan pengetahuan dan pemahaman dalam beberapa fokus sebagai berikut

  1. Mengenalkan dan membagi riset dan pengembangan yang dilaksanakan oleh Lab Riset Sistem Komputer dan Jaringan yang terbagi menjadi bidang fokus cloud big data, intelligent environment, cyber security, dan connected world.
  2. Memberikan updating hasil riset dan pengembangan anggota lab riset sistem komputer dan jaringan
  3. memantik munculnya ide dan inovasi riset dan pengembangan pada bidang Sistem Komputer dan Jaringan sebagai core competencies mahasiswa Ilmu Komputer dan ELINS.

Capaian Pembelajaran

Contents