Home » Smart City Support

Smart City Support

Pengabdian Kepada Masyarakat 

“Workshop Peningkatan Kompetensi untuk Mendukung Implementasi SPBE bagi Pemerintah Daerah”

 

Latar Belakang

Konsep Smart City menjadi suatu konsep dan strategi bagi Pemerintah Derah untuk melakukan pengembangan sistem pengelolaan pemerintahan baik yang sudah berjalan atas inisiatif masing-masing perangkat daerah, menjadi lebiih terkoneksi, terintegrasi dan melibatkan pihak lain sebagai stakeholder Kota/Kabupaten, untuk mewujudkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik. Smart City menjadi salah satu perwujudan yang direalisasikan dengan menghadirkan pusat pelayanan dan meningkatkan keberdayaan masyarakat salah satunya melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Smart City menjadi salah satu prioritas penting untuk menganalisis baik dari Sumber Daya Manusia pendukung, Kapasitas Keuangan Daerah, Sumber daya pemerintah, Infrastruktur daerah baik fisik dan digital, kebijakan, dan peran serta Lembaga sosial dan individu masyarakat. Smart City bukan hanya menjadi program digitalisasi tetapi lebih dari itu menjadi kesempatan dan potensi besar untuk menumbuhkan ide, inovasi dan kreativitas perangkat daerah yang secara aktif dan adaptif terhadap kebutuhan layanan masyarakat dan internal pemerintahan melalui dukungan dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi secara optimal. 

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) menjadi salah satu pendukung teknologi, manajemen dan strategi bagi Pemerintah Daerah untuk mewujudkan Smart City. SPBE menjadi factor penting terutama untuk mewujudkan tata Kelola pemerintahan modern dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi dalam bentuk dan berbasis elektronik. Hal ini juga memerlukan dukungan aparatur sipil negara (ASN) dan juga organisasi perangkat daerah yang mampu mengelola dan mengoptimalkan SPBE untuk mewujudkan efisiensi dan efektifitasnya. Laboratorium Riset Sistem Komputer dan Jaringan, DIKE FMIPA UGM selama ini membantu beberapa Pemerintah Daerah dan Lembaga dalam Menyusun dan mengembangkan SPBE sesuai dengan kebutuhan organisasinya. Untuk mendukung terciptanya Smart City dengan dukungan SPBE oleh aparatur sipil negara dan organisasi perangkat daerah yang cakap, akan dilaksanakan “Workshop Peningkatan Kompetensi untuk Mendukung Implementasi SPBE bagi Pemerintah Daerah”. 

Kegiatan

“Workshop Peningkatan Kompetensi untuk Mendukung Implementasi SPBE bagi Pemerintah Daerah”

 

Agenda Kegiatan

Kegiatan workshop dilaksanakan secara online (Zoom). Workshop akan dilaksanakan dengan materi sebagai berikutPeserta Kegiatan

Kegiatan akan diikuti untuk

  • Aparatur sipil negara (ASN) baik di Pemerintah Daerah Provinsi, Kota atau Kabupaten
  • Instansi dan Lembaga Pemerintah Pusat dan Daerah

Pendaftaran

  • Sdr. Mahbub Ramadhan (Kontak Informasi)
  • Link form online: http://ugm.id/WorkshopSPBE 
  • Pendaftaran tidak dipungut biaya.
  • Sertifikat peserta diberikan kepada yang mengikuti semua sesi