Home » Smart City » Pentingnya Review Kondisi Saat ini untuk implementasi SPBE dan Smart City

Pentingnya Review Kondisi Saat ini untuk implementasi SPBE dan Smart City

Konsep Smart City menjadi suatu konsep dan strategi bagi Pemerintah Derah untuk melakukan pengembangan sistem pengelolaan pemerintahan baik yang sudah berjalan atas inisiatif masing-masing perangkat daerah, menjadi lebiih terkoneksi, terintegrasi dan melibatkan pihak lain sebagai stakeholder Kota/Kabupaten, untuk mewujudkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik. Smart City menjadi salah satu perwujudan yang direalisasikan dengan menghadirkan pusat pelayanan dan meningkatkan keberdayaan masyarakat salah satunya melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi.

 Smart City menjadi salah satu prioritas penting untuk menganalisis baik dari Sumber Daya Manusia pendukung, Kapasitas Keuangan Daerah, Sumber daya pemerintah, Infrastruktur daerah baik fisik dan digital, kebijakan, dan peran serta Lembaga sosial dan individu masyarakat. Smart City bukan hanya menjadi program digitalisasi tetapi lebih dari itu menjadi kesempatan dan potensi besar untuk menumbuhkan ide, inovasi dan kreativitas perangkat daerah yang secara aktif dan adaptif terhadap kebutuhan layanan masyarakat dan internal pemerintahan melalui dukungan dan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi secara optimal.

Pada hari pertama “Workshop Peningkatan Kompetensi untuk Mendukung Implementasi SPBE bagi Pemerintah Daerah”, Narasumber Dr. Tri Kuntoro Priyambodo, M.Sc menyampaikan pentingnya Review kondisi saat ini sebagai landasan awal implementasi SPBE.

Narasumber kedua Drs. Bambang Nurcahyo Prastowo, M.Sc menyampaikan tema tentang manfaat dan resiko transformasi digital dalam konteks informatika sosial.