Home » Cloud Big Data » GAMABOX High Performance Computer

GAMABOX High Performance Computer

Pada hari ini (10/9/2019) merupakan hari permulaan untuk melangkah menuju project Gamabox High Performance Computer (HPC), yang dilakukan pada Laboratorium Sistem Keamanan Jaringan yang dibimbing oleh Mardhani Riasetiawan, MT, SE.Ak, Dr . Hal ini merupakan awal dari serangkaian kegiatan yang akan dilakukan untuk kedepannya dalam proses pembuatan data center yang nantinya akan dimiliki oleh Universitas Gadjah Mada.

Proses pembangunan project ini akan dilakukan selama 10 minggu dengan pembagian waktu sebagai berikut.

Minggu pertama hingga ketiga akan dilakukan untuk membangun lingkungan kerja dan pengaturan awal terhadap HPC. Pengaturan ini akan dibagi menjadi tiga buah bagian yaitu. Bagian Jaringan yang nantinya akan membuat topologi yang akan digunakan oleh HPC hingga pembagian IP yang diberikan kepada tiap perangkat, lalu Bagian Operation yang akan melihat kecocokan sistem operasi terhadap hal yang akan dilakukan oleh suatu sistem, dan Arsitektur yang akan dimiliki oleh HPC itu sendiri.

Untuk tahap berikutnya akan dilakukan pembagian terhadap setiap server. Pada project ini server akan dibagi menjadi 3 jenis server :

  • Storage Server
  • Application Server
  • Apache Metron

Untuk sever ini nantinya akan diberikan sistem operasi yang sudah disiapkan agar setiap servernya dapat berfungsi dengan baik sesuai kebutuhan dan pembagiannya.

Lalu untuk Minggu keempat hingga ketujuh akan dilakukan optimisasi untuk sistem yang sudah ada. Dilakukan percobaan terhadap ketiga server yang telah dirancang, baik secara storage server, komunikasi data antar perangkat dan keamanan server tersebut.

Lalu pada tahap akhir yaitu minggu kedepalan hingga sepuluh akan dilakukan penetration testing, terhadap server yang telah dibuat untuk menguji tingkat keamanan server tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengetahuai kemanan server yang nantinya akan dimiliki oleh Universitas Gadjah Mada.

Semoga dengan adanya HPC ini dapat membantu Universitas Gadjah Mada dalam hal penyimpanan data untuk kedepannya.