Home » Uncategorized » Langkah Kecil Menuju GadjahMada Supercomputer

Langkah Kecil Menuju GadjahMada Supercomputer

Sebuah langkah kecil menginisiasi pembangunan GadjahMada Supercomputer (sementara kami beri codeproject ini) dilakukan pada Kamis, 27 Juli 2022 kemarin. Lab Riset SKJ dengan grup riset kecil GamaBox bekerjasama dengan Effison Technology menjalin kerjasama penelitian dan pembangunan prototype kecil supercomputer. Penelitian ini memanfaatkan platform mini supercomputer yang telah dibangun terlebih dahulu yaitu Wisanggeni 3.

Penelitian dan pengembangan GadjahMada Supercomputer ini dilatarbelakangi kebutuhan akan lingkungan komputasi scientific yang handal, penanganan data besar yang baik dan kebutuhan engine analisis di waktu mendatang harus bisa disediakan dan dibangun secara mandiri oleh kampus. Untuk itu tim riset GamaBox di Lab SKJ memfokuskan membangun tim peneliti dengan kolaborasi dosen, mahasiswa dan praktisi yang ada untuk mewujudkannya.

GadjahMada Supercomputer direncanakan akan menghasilkan sebuah model cluster provisioning yang handal untuk komputasi scientific berdata besar, meski tidak cepat tetapi handal dan reliable dalam kurun waktu 3-4 bulan kedepan. Effison Technology akan menjadi laboratorium riset karena memiliki fasilitas pendukung super computer yang sudah berjalan dan didukung oleh principal technology dunia.

GadjahMada supercomputer tidak hanya menjadi produk riset tetapi juga sebagai proof of work kemampuan penelitian kampus dan kolaborasi dengan praktisi sebagai bagian kemandirian teknologi tinggi di Indonesia.

Gambar 1 (Ketua Tim Peneliti GadjahMada Supercomputer, Dr. Mardhani Riasetiawan, CEO Effison Technology – Wilson Lisan, M.Sc, dan tim mahasiswa, berdiskusi rencana riset supercomputer).